Wow! China Resmikan Jalur Kereta di Atas Gurun Terpanjang di Dunia

3 Komentar
X
Bagikan

#wartabromo China resmi mengoperasikan jalur sepanjang 825 kilometer di wilayah barat daya Xinjiang, Kamis (16/6/2022). Diresmikannya jalur ini membuat China kini memiliki jalur kereta api terpanjang yang beroperasi melintasi gurun.

Jalur ini menghubungkan Kota Hontan dan Kota Ruoqiang dan wilayah sekitarnya. Total jaringan kereta api yang melintasi gurun Taklamakan mencapai 2.712 kilometer. Hotan-Ruoqiang menghubungkan kota Hotan, Xinjiang dan Ruoqiang dengan lama perjalanan memakan waktu 11 jam dengan kecepatan 120 kilometer per jam.

Perjalanan ini melewati sebanyak 22 stasiun. Dalam rilis resmi yang dikeluarkan China State Railway Group, perusahaan mengklaim jalur kereta di atas gurun ini sebagai yang terpanjang di dunia. Gurun Taklimakan yang berukuran sedikit lebih kecil dari Jerman adalah gurun pasir terbesar kedua di dunia.

Para insinyur dari China sukses berjuang memecahkan ancaman masalah seperti angin dan pasir sejak konstruksi pertama pada Desember 2018 lalu. Selain itu, ada lima jembatan yang bisa dilintasi kereta dengan total panjang mencapai 49,7 km. Jembatan ini berdampingan langsung dengan gurun pasir.

Sumber : detik.com

Video : Istimewa

Video Editor : Oedin