Puluhan Jemaah Haul Kiai Hamid Mulai Berdatangan

X
Bagikan

Pasuruan (WartaBromo.tv) – Puluhan jemaah yang hendak mengikuti Haul KH Abdul Hamid ke-43 mulai berdatangan di Pelabuhan Kota Pasuruan, Rabu (13/9/2024). Rombongan ini berasal dari Pulau Gili Mandangin, Sampang, Madura, dan menempuh perjalanan laut dengan menggunakan dua Kapal Layar Motor (KLM).

Jemaah berangkat dari Dermaga Pulau Gili Mandangin pada pukul 07.30 WIB dengan Kapal Layar Motor Sampurnani Baru dan Pandanwangi. Setelah menempuh perjalanan laut selama kurang lebih 3 jam 30 menit, mereka tiba di Perairan Kota Pasuruan sekitar pukul 11.21 WIB. Kedatangan mereka dikawal ketat oleh KP X 1048 dan KP X 1003 Polres Pasuruan Kota.

Setibanya di pelabuhan, para jemaah langsung disambut oleh panitia penyelenggara. Sebanyak 133 jemaah, yang terdiri dari 90 laki-laki, 35 perempuan, dan 8 anak-anak, hadir dari Pulau Gili Mandangin. Kapal Sampurnani Baru membawa 69 jemaah, sementara Pandanwangi mengangkut 64 jemaah.

Zainul Fata, nakhoda Kapal Sampurnani Baru, mengungkapkan bahwa perjalanan berlangsung lancar meski kondisi laut agak berombak. “Alhamdulillah, kami sampai dengan selamat. Ini sudah menjadi rutinitas kami setiap tahun untuk mengantar jemaah ke haul ini,” ungkap Zainul.

Kegiatan Haul KH Abdul Hamid merupakan tradisi tahunan yang rutin diadakan, di mana ribuan jemaah berkumpul untuk mengenang jasa dan perjuangan ulama besar ini. Hingga berita ini diturunkan, situasi di lokasi berlangsung aman dan kondusif. “Setiap tahun mesti hadir, sudah rutin pakai perahu ini. Nanti ke rumah saudara dulu,” kata Ahmad Jufri, jemaah Haul. (don)

Video: Istimewa
Video Editor: Oedin