Cegah Stunting, Pemkot Bikin Layanan Tumbuh Kembang Anak

5 Komentar
X
Bagikan

Pasuruan (WartaBromo.tv) -Wali Kota Pasuruan H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) meresmikan Kick Off layanan terpadu tumbuh kembang Penanganan Masalah Gizi Terintegrasi (ANGSAL GISI). Pelaksanaan Kick Off perdana ini dilaksanakan di Puskesmas Kandangsapi, Kamis (23/06/2022).

Dalam sambutannya Gus Ipul menyampaikan peresmian layanan terpadu ANGSAL GISI ini ditindaklanjuti dengan gerakan tingkatkan imunisasi untuk anak. Masih banyak orang tua yang belum mengikuti program imunisasi anak. Dengan adanya layanan terpadu ini mengajak para orang tua untuk mengajari betapa pentingnya imunisasi.

Sebagaimana telah diketahui kenaikan pervalensi stunting di tahun 2020 19,06% menjadi 23,7% di tahun 2021. Sedangkan target Kota Pasuruan sendiri ditahun 2024 menurunkan pervalensi stunting hingga 14%.

Gus Ipul juga menyampaikan status kesehatan anak yang lengkap didukung dengan imunisasi yang lengkap, nutrisi yang cukup dan pola asuh keluarga yang baik.

Menurut Gus Ipul deteksi dini tumbuh kembang dapat dilakukan secara mandiri di rumah. Dengan memperhatikan pertumbuhan anak dan mendorong untuk tetap berolahraga menjaga kesehatan anak.

Pada kesempatan ini Gus Ipul juga menginstruksikan seluruh jajaran mulai dari tingkat Kecamatan, Kelurahan hingga di tingkat RT dan RW untuk meningkatkan imunisasi dan menjaga anak tetap sehat. Dengan adanya layanan terpadu ini dapat menggerakkan masyarakat memanfaatkan layanan ini dengan baik.

“Untuk itu lewat layanan terpadu ini diharapkan masyarakat lebih mudah mengakses jika memerlukan layanan-layanan yang diperlukan untuk mereka. Tentu ini dibantu dengan Pak Camat, pak Lurah, sampai dengan RT RW menggerakkan warganya yang memiliki anak untuk imunisasi,” tegas Gus Ipul

Videographer : Doni
Video Editor : Oedin