Gubernur Jatim Bersama Pj Bupati Probolinggo Letakkan Batu Pertama Proyek Pengendali Banjir Rob

X
Bagikan

Kraksaan (WartBromo.tv) – Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo bakal terbebas dari banjir rob. Seiring dibangunnya sistem pengendali banjir rob di ujung barat desa tersebut.

Peletakan batu pertama (ground breaking) proyek tersebut dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pada Jumat (17/11/2023). Ia didampingi oleh PJ Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (DPU SDA) Provinsi Jawa Timur, Baju Trihaksoro, dan sejumlah pejabat lainnya.

“Semoga bangunan pengendali banjir di Desa Kalibuntu ini menjadi jawaban dan solusi atas keresahan masyarakat terkait banjir rob yang terjadi hampir tiap bulan. Tapi tidak lupa kita juga tetap harus melakukan upaya preventif dan mitigasi dalam menghadapi bencana yang terjadi,” sebut Khofifah.

PJ Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, menyoroti manfaat positif proyek ini bagi masyarakat setempat. “Harapannya dengan terbebas dari banjir rob, masyarakat lebih sehat. Karena banjir rob membawa sampah-sampah. Yang kedua, masyarakat bisa fokus pada mata pencahariannya sebagai nelayan,” sebutnya.